Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Wednesday, January 18, 2017

Pengalaman Klaim JHT BPJS (Saran)

Setelah kemaren dapet informasi kalau mau klaim BPJS di kantor citra raya cikupa harus dateng pagi2 bingit, ahirnya saya putusin untuk dateng ke kantor BPJS citra raya jam 05 pagi.
kebetulan saya tinggal di cikupa jadi gak makan waktu lama buat ke kantor BPJS itu.
sampai di sana ternyata.... wakwaw..... para antrian udah berjubel alias padet banget.
di luar kantornya udah disediain kursi duduk sebanyak 80 buah.
ketika saya dateng ternyata kursi udah penuh dan bahkan udah banyak yang berdiri.
sekitar pukul 05.45 security yang ditunggu2 pun datang dan langsung mengumumkan bahwa kantor hanya melayani 80 orang per hari dan itupun yang sudah berhasil duduk di 80 kursi keramat itu... ha
(usut punya usut ternyata yang berhasil duduk itu sudah datang dari jam 10 malem... hah.. gile...)
yang masih berdiri cuma sebagai cadangan aja dan itupun belum tentu berhasil dilayani.
berhubung saya masih berdiri ahirnya tanpa basa basi lagi saya langsung pulang kerumah aja.... ngapain saya nunggu yang gak pasti. berhubung semalem tidur larut dan harus bangun pagi, sampai dirumah saya langsung melanjutkan untuk tidur saja.. ha..
jam 8 pagi saya kembali bangun seketika itu saya terinspirasi untuk browsing di internet bagaimana cara mencairkan BPJS ternyata ada beberapa cara: selain datang langsung ke kantor BPJS juga bisa klaim BPJS secara online atau E-klaim. selain itu juga bisa di klaim lewat bank BRI dan BNI...
untuk klaim E-klaim acranya dalah dengan mengisi masuk ke situs resmi BPJS yaitu https://eklaim.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 

disitu kita harus daftar terlebih dahulu lalu klik kolom E-klaim dan harus mengupload foto dokumen yang diperkulan seperti: Kartu KPJ, KTP, KK, buku tabungan, paklaring. setelah saya tanya2 ke customer service nya ternyata setelah kita mengajukan klaim secara online nanti kita harus menunggu persetujuan dari petugas yang kemudian mengarahkan kita untuk datang lagi ke kantor BPJS yang telah kita pilih dengan membawa dokumen aslinya. prosesnya sekitar 1 minggu hari kerja. kalau sudah dipanggil dan sudah menyelesaikan administrasi nanti kita juga harus menunggu Saldo kita di transfer ke rekening selama kurang lebih 1 minggu juga.

ahirnya saya putuskan untuk mencoba klaim BPJS ke bank BNI berhubung karena saya sudah punya rekening di bank BNI. tapi untuk yang belum punya rekening BNI juga bisa dilayani dan nanti akan dibuatkan rekeningnya langsung

oiya di Tangerang bank BNI yang melayani Klaim BPJS hanya di bank BNI Balaraja saja. kaku untuk bank BRI saya kurang tau.. coba kalian browsing sendiri.. (maaf he)
saya sampai di Bank BNI sekitar pukul 09 pagi dan langsung diarahkan oleh Security untuk menuju lantai dua.. dan ternyata..... wakwaw..... disitu gak seramai di kantor BPJS citra raya.. cuma ada beberapa orang doang dan saya mendapatkan nomor antrian 41.... ha....


satu persatu antrian pun mulai di panggil. diantara mereka banyak yang gagal klaim karena persyaratan yang belum lengkap atau BPJS nya masih aktif. jadi bisa mempersingkat waktu nunggu.. ha
Tibalah giliran saya yang dipanggil dan setelah dokumen di cek ternyata... wakwaw... berhubung KTP saya bukan tangerang maka saya harus bikin domisili terlebih dahulu.
tanpa basa basi saya langsung menuju kantor kelurahan cikupa untuk perpanjang kartu domisili (sebelumnya udah pernah bikin tapi udah kadaluarsa).
perpanjang domisili gak terlalu lama cuma butuh waktu sekitar 15 menit dan langsung jadi.

buru2 langsung saya fotocopy tuh kartu domisili dan langsung menuju ke Bank BNI kembali karena kata petugasnya setelah jam 13.00 tidak akan dilayani lagi...
beruntung saya sampai di Bank pukul 11 kurang dan langsung menyerahkan kembali semua berkas saya dan dipersilahkan untuk mengisi formulir... setelah formulir berhasil diisi dan diserahkan ke petugas bank.. gak berapa lama nama saya dipanggil... kemudian disuruh tanda tangan diatas materai (materai bisa bawa sendiri dari rumah atau kalau gak bawa bisa beli langsung ama petugas bank tersebut seharga 6rb)
dan disuruh menghadap ke kamera untuk difoto... dan selesai....
saya liat jam tangan saya ternyata masih baru pukul 12 kurang.... wah lumayan cepet juga yah..... gak tau dah tuh kalau saya nekat nunggu di kantor BPJS mungkin ampe magrib juga lom tentu dapet... ha...
oiya dokumen yang diperlukan untuk klem di bank BNI kalau gak salah: KTP, kartu KPJ, KK, buku tabungan BNI (kalau ada), kartu Domisili (KTP non tangerang), dan Paklaring. semua saya bawa fotocopynya ternyata gak di minta.
oiya saya bawa surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan ternyata gak di liat tuh...

Buat temen2 yang mau klaim BPJS saya saranin coba tanya Bank BNI atau BRI terdeka  apakan bisa melayani klaim BPJS atau tidak... karena gak semua Bank melayani.
berdasarka pengalam saya kelebihan Klaim di Bank BNI Balaraja yaitu:
- gak perlu ngantri terlalu lama di kantor BPJS karena toh kalau saldo diatas 1 juta harus di trasnfer ke rekening Bank anda.
- Gak perlu Upload2 dokumen kayak E-klaim dan harus dateng juga ke kantor BPJS. (nunggu persetujuan lama, ntar harus dateng ke kantornya, terus nunggu lagi duitnya cair)

buat temen2 yang belum punya rekening tabungan dan saldo BPJS JHT diatas 1 juta, saya saranin mendiingan klaim BPJS nya di Bank aja karena akan langsung dibuatkan rekening tabungannya.

terimakasih











20 comments:

  1. Ka, saya cairkan di bni dari tgl 8 november 2017. pelayanannya sangat cepat tapi sampai sekarang belum cair juga. Gimana ya ? :(

    ReplyDelete
  2. pencairan dana biasanya dilakukan selama 7hari kerja

    ReplyDelete
  3. Konfirmasi masuk ke rekeningnya kira2 berapa lama bang?

    ReplyDelete
  4. klaim bs di lakukan secara manual dgn lgsg dtg kr bank bni atau harus secara online dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau clain ke bank BNI langsung dateng aja.. bawa kartu peserta jamsostek/BPJS tenaga kerja, paklaring, kartu keluarga,KTP, surat keterangan berhenti bekerja (untuk tahun 2015 keatas) sama buku tabungan BNI kalau gak punya buku tabungan BNI nanti langsung dibikinin dstu

      Delete
    2. daftar online hanya untuk pengambilan claim di kantor BPJS

      Delete
    3. Kang kalo misalkan pake rekening sodara bisa gx

      Delete
  5. klaim bs di lakukan secara manual dgn lgsg dtg kr bank bni atau harus secara online dulu ya?

    ReplyDelete
  6. Mbak tapi saya coba ke Bank BNI Balaraja katanya tidak bisa itu bagaimana yah?

    ReplyDelete
  7. Gan saya kan udh cairin saldo jht ny via BNI, kt ny suruh nunggu 7-14 hr kerja, trz kt dy klo udh cair tar dtng lg k bank bwt bikin atm
    Masalah ny gmna cra ny saya tau klo itu udh cair apa blm?? Sdngkn atm ajh blm d ksh nunggu bpjs ny cair dl

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas klaim JHT di bank itu kalau belum punya rekening bank nanti langsung dibikinin rekeningnya.

      Delete
  8. Tolong di respon dong,, aku mau nyairin Jamsostek di BNI balaraja.Tapai punya jamJamsos aku serng,, apa bisa gak yah nyairin di BNI balaraj

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. yang penting bawa domisili. aku kemaren pake domisili cikupa

      Delete
  9. kalo ga ada kartu domisili kira2 bisa ga yah.. apa harus wajib ada kartu domisli buat yg non tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib pake domisili.. nanti kan kl belum punya rekening BNi sekalian dibikinin rekeningnya

      Delete